Mata pelajaran PKn
1. Arti Persatuan dan Kesatuan
Setelah kamu mempelajari lahirnya Sumpah
Pemuda maka ada pelajaran yang dapat diambil. Yaitu pentingnya semangat nilai persatuan
dan kesatuan. Apa sebenarnya yang di maksud persatua dan kesatuan? Sebelum
membahas lebih dalam, agar kamu mudah menjawab pertanyaan di atas, coba
perhatikan lidi. Tahukah kamu akan benda itu? Ya, lidi diambil dari rangka daun
kelapa. Untuk apa biasanya benda tersebut? Pada umumnya, lidi digunakan untuk
menyapu. Bisakah sebatang lidi untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat
digunakan untuk menyapu, jika terdiri dari beberapa puluh atau ratus lidi yang
diikat cukup erat menjadi satu. Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan
maka akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat
diartikan kumpulan bagian-bagian yang sebelumnya terpisah satu sama lain
menjadi satu. Hal itulah bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan
persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri
sendiri atau kelompok tetapi, lebih mengutamakan kepentingan umum.
2. Menerapkan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda
Nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam persatuan dan kesatuan
dapat kalian
amalkan
melalui berteman baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Setiap hari kalian
tentu tidak dapat lepas bergaul dengan teman sebaya. Teman main tentunya tidak
semua sama. Ada yang berasal dari keluarga kaya, kurang mampu dan sederhana.
Ada pula yang beragama Islam, Kristen, Hindu, Buddha bahkan dari agama lain.
Juga bermacam-macam dari orang tua yang pegawai negeri, ABRI, swasta dan buruh
Mungkin juga temanmu berasal dari Jawa, Sunda, Betawi, Madura, Bali atau dari
daerah lain yang memiliki adat kebiasaan yang berbeda.
Nilai-nilai Sumpah Pemuda dapat kamu terapkan
dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:
a.
Menghormati keragaman suku dan agama. Contohnya: tidak boleh mengejek dan
menjelek-jelekkan salah satu suku dan agama lain.
b.
Menghargai pendapat teman lain. Contohnya: teman yang bertanya kepada bapak/ibu
guru tidak boleh disela atau diejek.
c.
Mengikuti upacara dengan khidmat. Contohnya: waktu pengibaran bendera, harus bersikap tegap dan memberi hormat.
d. Bekerja
sama dengan teman dalam hal kebaikan. Contohnya mengerjakan keterampilan dan
belajar kelompok.
e.
Menjalin persahabatan dan menjauhi permusuhan. Contohnya: bersikap rukun dan
saling menyayangi dengan teman.
Dengan menyadari begitu
pentingnya semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari maka
diperlukan cara membina persatuan dan kesatuan tersebut.
Adapun
persatuan dan kesatuan agar tetap kokoh, yang harus kalian
lakukan
antara lain sebagai berikut.
a.
Tidak bersikap sombong.
b.
Saling menghormati dan menasihati.
c.
Saling tolong-menolong.
d.
Hidup rukun antarteman.
3.
Mengenal Tokoh Sumpah Pemuda
a. Wage Rudolf
Supratman (Sang Komponis)
b. Muhammad Yamin (Cerdas dan Pemberani)
RANGKUMAN
Persatuan dan kesatuan merupakan kumpulan yang sebelumnya
terpisah kemudian dijadikan menjadi satu. Pada Kongres Pemuda II lagu kebangsaan
Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman dikumandangkan pertama kali. Nilai-nilai
yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda antara lain nilai persatuan dan
kesatuan, nilai kebersamaan, dan nilai cinta tanah air dan bangsa Nilai-nilai
Sumpah Pemuda dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-harimisalnya menghargai
perbedaan, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, membantu teman yang
membutuhkan dan sebagainya Semangat persatuan dan kesatuan tetap diperlukan
dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk kejayaan bangsa dan negara
Indonesia.
Soal
PKn kelas III/II
Berilah
tanda silang ( x ) pada huruf a, b, atau c di depan
jawaban
yang paling tepat!
1. Kita tidak boleh mementingan kepentingan ....
a. pribadi c. masyarakat
b. orang lain
2. Teman yang kurang mampu harus kita ....
a.
jauhi c. tolong
b.
orang lain
3. Kita harus bergaul dengan Teman yang ....
a. seagama
b. sedaerah
c. tidak membeda-bedakan
satu sama lain
4. Salah satu contoh pengamalan nilai Sumpah Pemuda adalah
....
a.
menghargai pendapat orang lain
b.
tidak mau membantu teman yang sedang susah
c.
tidak mengikuti upacara bendera
5. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah ....
a. Muhammad Hatta c. Wage Rudolf Supratman
b. Ir. Soekarno
6. Pertengkaran dapat menimbulkan ....
a.
persaudaraan c. perpecahan
b.
perdamaian
7. Tokoh Sumpah Pemuda adalah ....
a. Mohammad Hatta
b. Mohammad Yamiin
c. Mohammad Husni Tamrin
8. Jiwa persatuan dan kesatuan dapat dikembangkan sejak…
a.
masa kecil c. masa remaja
b.
masuk sekolah
9. Tidak membedakan suku bangsa, termasuk pengamalan Pancasila,
sila ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan Yang Adil dan
Beradab
c. Persatuan Indonesia
10. Suku Sunda berasal dari Provinsi ....
a. Jawa Tengah c. Jawa Timur
b. Jawa Barat
Pembahasan/ Kunci
Soal PKn, kelas III / II
1. A
2. C
3. C
4. A
5. C
6. C
7. B
8. A
9. C
10. B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar